Macam-macam Metode Dalam Mengajar
Tugas indifidu
Strategi Pembelajaran Ekonomi
METODE
PEMBELAJARAN
OLEH:
SITTI
AISYAH JAYA
A1A110085
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HALUOLEO
KENDARI
2012
METODE
PEMBELAJARAN
A.
PENGERTIAN
Metode atau Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan
dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat
diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves
a particular educational goal (J. R. David, 1976). Sedangkan menurut kamus
Purwadarminta ( 1976 ), secara umum metode adalah cara yang telah teratur dan
terpikir baik – baik untuk mencapai suatu maksud. Sedangkan menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan
pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode berasal
dari bahasa Inggris yaitu Method artinya melalui, melewati, jalan atau cara
untuk memperoleh sesuatu. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai
perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan
(rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber
daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan
tertentu. Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran.
B.
MACAM-MACAM
METODE DALAM MENGAJAR
1. Metode
Demonstrasi
Demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk membelajarkan
peserta dengan cara menceritakan dan memperagakan suatu langkah-langkah
pengerjaan sesuatu. Demonstrasi merupakan praktek yang diperagakan kepada
peserta. Karena itu, demonstrasi dapat dibagi menjadi dua tujuan: demonstrasi
proses untuk memahami langkah demi langkah; dan demonstrasi hasil untuk
memperlihatkan atau memperagakan hasil dari sebuah proses.Biasanya, setelah
demonstrasi dilanjutkan dengan praktek oleh peserta sendiri. Sebagai hasil,
peserta akan memperoleh pengalaman belajar langsung setelah melihat, melakukan,
dan merasakan sendiri. Tujuan dari demonstrasi yang dikombinasikan dengan
praktek adalah membuat perubahan pada rana keterampilan
a)
Kelebihan
metode demonstrasi
·
Perhatian
siswa lebih dapat terpusatkan pada pelajaran yang diberikan
·
Kesalahan-kesalahan
yang terjadi bila pelajaran itu diceramahkan dapat diatasi melalui pengamatan
dan contoh yang konkrit
·
Memberi
motivasi yang kuat untuk siswa agar lebih giat belajar
·
Siswa
dapat berpartisipasi aktif dan memperoleh pengalaman langsung
b)
Kelemahan
metode demonstrasi
·
Bila
alatnya terlalu kecil atau penempatannya kurang tepat menyebabkan demonstrasi
itu tidak dapat dilihat jelas oleh seluruh siswa
·
Bila
waktu tidak tersedia cukup, maka demonstrasi akan berlangsung terputus-putus
atau berjalan tergesa-gesa
2. Metode
Kerja Lapangan
Metode kerja lapangan merupakan metode mengajar dengan mengajak
siswa kedalam suatu tempat diluar sekolah yang bertujuan tidak hanya sekedar
observasi atau peninjauan saja, tetapi langsung terjun turut aktif ke lapangan
kerja agar siswa dapat menghayati sendiri serta bekerja sendiri didalam
pekerjaan yang ada dalam masyarakat.
a)
Kelebihan
metode kerja lapangan
·
Siswa
mendapat kesemmpatan untuk langsung aktif bekerja dilapangan sehingga
memperoleh pengalaman langsung dalam bekerja
·
Siswa
menemukan pengertian pemahaman dari pekerjaan itu mengenai kebaikan maupun
kekurangannya
b)
Kelemahaan
metode kerja lapangan
·
Waktu
terbatas tidak memungkinkan memperoleh pengalaman yang mendalam dan penguasaan
pengetahuan yang terbatas
·
Untuk
kerja lapangan perlu biaya yang banyak. Tempat praktek yang jauh dari sekolah
shingga guru perlu meninjau dan mepersiapkan terlebih dahulu
·
Tidak
tersedianya trainer guru/pelatih yang ahli
3. Metode
Sosiodrama dan Bermain Peran
Metode sosiodrama dan bermain peran merupakan suatu metode mengajar
dimana siswa dapat mendramatisasikan tingkah laku atau ungkapan gerak gerik
wajah seseorang dalam hubungan sosial antar manusia
a)
Kelebihan
metode sosiodrama dan bermain peran
·
Siswa
lebih tertarik perhatiannya pada pelajaran
·
Karena
mereka bermain peran sendiri, maka mudah memahami masalah-masalah sosial
tersebut
·
Bagi
siswa dengan bermain peran sebagai orang lain, maka ia dapat menempatkan diri
seperti watak orang lain itu
·
Ia
dapat merasakan perasaan orang lain sehingga menumbuhkan sikap saling perhatian
b)
Kelemahan
metode sosiodrama dan bermain peran
·
Bila
guru tidak menguasai tujuan instrusional penggunaan teknik ini untuk sesuatu
unit pelajaran, maka sosiodrama tidak akan berhasil
·
Dalam
hubungan antar manusia selalu memperhatikan norma-norma kaidah sosial, adat
istiadar, kebiasaan, dan keyakinan seseorang jangan sampai ditinggalkan
sehingga tidak menyinggung perasaan seseorang
·
Bila
guru tidak memahami langkah-langkah pelaksanaan metode ini, maka akan
mangacaukan berlangsungnya sosiodrama
4. Metode
Simulasi
Metode simulasi merupakan cara mengajar dimana menggunakan tingkah
laku seseorang untuk berlaku seperti orang yang dimaksudkan dengan tujuan agar
orang dapat menghindari lebih mendalam tentang bagaimana orang itu merasa dan
berbuat sesuatu dengan kata lain siswa memegang peranaan sebagai orang lain.
a)
Kelebihan
metode simulasi
·
Dapat
menyenangkan siswa
·
Menggalak
guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa
·
Eksperimen
berlangsung tanpa memerlukan lingkungan yang sebenarnya
·
Mengurangi
hal-hal yang verbalistik
·
Menumbuhkan
cara berfikir yang kritis
b)
Kelemahan
metode simulasi
·
Efektifitas
dalam memajukan belajar siswa belum dapat dilaporkan oleh riset
·
Terlalu
mahal biayanya
·
Banyak
orang meragukan hasilnnya karena sering tidak diikutsertakan elemen-elemen
penting
·
Menghendaki
pengelompokan yang fleksibel
·
Menghendaki
banyak imajinasi dari guru dan siswa
5. Metode
Seminar
Metode seminar adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh
beberapa orang dalam suatu sidang yang berusaha membahas / mengupas masalah-masalah
atau hal-hal tertentu dalam rangka mencari jalan memecahkannya atau mencari
pedoman pelaksanaanya.
a)
Kelebihan
metode seminar
·
Peserta
mendapatkan keterangan teoritis yang luas dan mendalam tentang masalah yang
diseminarkan
·
Peserta
mendapatkan petunjuk-petunjuk praktis untuk melaksanakan tugasnya
·
Peserta
dibina untuk bersikap dan berfikir secara ilmiah
·
Terpupuknya
kerja sama antar peserta
·
Terhubungnya
lembaga pendidikan dan masyarakat
b)
Kelemahan
Metode Seminar
·
Memerlukan
waktu yang lama
·
Peserta
menjadi kurang aktif
·
Membutuhkan
penataan ruang tersendiri
6. Metode
Kerja Kelompok
Metode kerja kelompok adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran
dengan menyuruh pelajar (setelah dikelompok-kelompokkan) mengerjakan tugas
tertentu untuk mencapai tujuan pengajaran. Merka bekerja sama dalam memecahkan
masalah atau melaksanakan tugas.
a)
Kelebihan
metode kerja kelompok
·
Para
siswa lebih aktif tergabung dalam pelajaran mereka
·
Memungkinkan
guru untuk lebih memperhatikan kemampuan para siswa
·
Dapat
memberikan kesempatan pada para siswa untuk lebih menggunakan ketrampilan
bertanya dalam membahas suatu masalah
·
Mengembangkan
bakat kepemimpinan para siswa serta mengerjakan ketrampilan berdiskusi
b)
Kelemahan
metode kerja kelompok
·
Kerja
kelompok terkadang hanya melibatkan para siswa yang mampu sebab mereka cakap
memimpin dan mengarahkan mereka yang kurang
·
Keberhasilan
strategi ini tergantung kemampuan siswa memimpin kelompok atau untuk bekerja
sendiri-sendiri
·
Kadang-kadang
menuntut pengaturan tempat duduk yang berbeda-beda dan daya guna mengajar yang
berbeda pula
7. Metode
Ceramah
Metode ceramah adalah metode memberikan uraian atau penjelasan
kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu. Dengan kata lain metode
ini adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan
secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
Metode ini disebut juga dengan metode kuliah atau metode pidato. Untuk bidang
studi agama, metode ceramah ini masih tepat untuk dilaksanakan. Misalnya, untuk
materi pelajaran akidah.
a)
Kelebihan
metode ceramah
·
Materi
yang diberikan terurai dengan jelas
b)
Kekurangan
metode ceramah
·
Guru
lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru
saja.
·
Murid
seakan diharuskan mengikuti segala apa yang disampaikan oleh guru, meskipun
murid ada yang bersifat kritis karena guru dianggap selalu benar
8. Metode
Sumbang Saran
Sumbang saran merupakan suatu cara mengajar dengan mengutarakan
suatu masalah ke kelas oleh guru kemudian siswa memjawab mengemukakan pendapat
/jawaban dan komentar seshingga masalah tersebut berkembang menjadi masalah
baru.
a)
Kelebihan
metode sumbang saran
·
Susana
disiplin dan demokratis dapat tumbuh
·
Anak-anak
aktif untuk menyatakan pendapatnya
·
Melatih
siswa untuk berfikir dengan cepat dan tersusun logis
·
Merangsang
siswa untuk selalu berpendapat yang berhubungan dengan masalah uang diberikan
oleh guru
·
Terjadi
persaingan yang sehat
·
Meningkatkan
partisipasi siwa dalam menerima pelajaran
·
Siswa
yang kurang aktif menapat bantuan dari temannya yang pandai atau dari guru
b)
Kelemahan
metode sumbang saran
·
Guru
kurang memberi waktu kepada siswa untuk berfikir yang baik
·
Anak
yang kurang selalu ketinggalan
·
Kadang-kadang
pembicaraan hanya dimonopoli oleh anak yang pandai
·
Guru
hanya menampang pendapat-pendapat tidak pernah merumuskan kesimpulan
9. Metode
Unit Teaching
Metode unit teaching merupakan metode mengajar yang memberikan
kesempatan pada siswa secara aktif dan guru dapat mengenal dan menguasai
belajar secara unit.
a)
Kelebihan
metode unit teaching
·
Siswa
dapat menggunakan sumber-sumber materi pelajaran secara luas
·
Siswa
dapat belajar keseluruhan sesuai bakat
·
Suasana
kelas lebih demokratis
b)
Kelemahan
metode unit teaching
·
Dalam
melaksanakan unit perlu keahlian dan ketekunan
·
Perhatian
guru harus lebih banyak dicurahkan pada bimbingan kerja siswa
·
Perencanaan
unit yang tidak mudah
·
Memerlukan
ahli yang betul-betul menguasai masalah karena semua masalah yang belum tentu
dapat dijadikan unit
10. Metode
Sandiwara
Metode sandiwara seperti memindahkan ‘sepenggal cerita’ yang
menyerupai kisah nyata atau situasi sehari-hari ke dalam pertunjukkan.
Penggunaan metode ini ditujukan untuk mengembangkan diskusi dan analisa
peristiwa (kasus). Tujuannya adalah sebagai media untuk memperlihatkan berbagai
permasalahan pada suatu tema (topik) sebagai bahan refleksi dan analisis solusi
penyelesaian masalah. Dengan begitu, rana penyadaran dan peningkatan kemampuan
analisis dikombinasikan secara seimbang.
11. Metode
Penemuan (Discovery)
Metode penemuan merukan proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan
suatu proses atau prinsip-prinsip.(Sund)
a)
Kelebihan
metode penemuan
·
Dapat
membangkitkan kegairahan belajar pada diri siswa
·
Teknik
ini mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai
dengan kampuan masing-masing
·
Teknik
ini mampu membantu siswa mengembangkan, memperbanyak kesiapan serta penguasaan
ketrampilan dalam proses kognitif atau pengarahan siswa
·
Siswa
memperoleh pengetahuan yang bersifat sebagai sangat pribadi atau individual
sehingga dapat kokoh/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut
b)
Kelemahan
metode penemuan
·
Ada
yang berpendapat bahwa proses mental ini terlalu meningkatkan proses pengertian
saja
·
Teknik
ini tidak memberikan kesempatan berfikir secara kreatif
·
Para
siswa harus ada kesiapan dan kematangan mental
·
Bila
kelas terlalu besar penggunaan teknik ini kurang berhasil
·
Bagi
guru dan siswa yang sudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional
akan kecewa bila diganti dengan teknik penemuan
12. Metode
Eksperimen
Metode eksperimen merupakan salah satu cara mengajar dimana
seorang siswa diajak untuk beruji coba atau mengadakan pengamatan kemudian
hasil pengamatan itu disampaikan dikelas dan di evaluasi oleh guru.
a)
Kelebihan
metode eksperimen
·
Siswa
terlatih menggunakan metode ilmiah dalam menghadapi segala masalah
·
Mereka
lebih aktif berfikir dan membuktikan sendiri kebenaran suatu teori
·
Siswa
dalam melaksanakan eksperimen selain memperoleh ilmu pengetahuan juga menemukan
pengalaman praktis serta ketrampilan menggunakan alat-alat percobaan
b)
Kelemahan
metode eksperimen
·
Seorang
guru harus benar-benar menguasai materi yang diamati dan harus mampu memanage
siswanya
·
Memerlukan
waktu dan biaya yang sedikit lebih dibandingkan yang lain
13. Metode
Permainan
Permainan (games), populer dengan berbagai sebutan antara lain pemanasan
(ice-breaker) atau penyegaran (energizer). Arti harfiah ice-breaker adalah
‘pemecah es’. Jadi, arti pemanasan dalam proses belajar adalah pemecah situasi
kebekuan fikiran atau fisik peserta. Permainan juga dimaksudkan untuk membangun
suasana belajar yang dinamis, penuh semangat, dan antusiasme. Karakteristik
permainan adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (fun) serta
serius tapi santai (sersan). Permainan digunakan untuk penciptaan suasana
belajar dari pasif ke aktif, dari kaku menjadi gerak (akrab), dan dari jenuh
menjadi riang (segar).
Metode ini diarahkan agar tujuan belajar dapat dicapai secara
efisien dan efektif dalam suasana gembira meskipun membahas hal-hal yang sulit
atau berat.Sebaiknya permainan digunakan sebagai bagian dari proses belajar,
bukan hanya untuk mengisi waktu kosong atau sekedar permainan. Permainan
sebaiknya dirancang menjadi suatu ‘aksi’ atau kejadian yang dialami sendiri
oleh peserta, kemudian ditarik dalam proses refleksi untuk menjadi hikmah yang
mendalam (prinsip, nilai, atau pelajaran-pelajaran). Wilayah perubahan yang
dipengaruhi adalah rana sikap-nilai.
14. Metode
Kasus
Metode kasus merupakan metode penyajian pelajaran dengan
memanfaatkan kasus yang ditemui anak sebagai bahan pelajaran kemudian kasus
tersebut dibahas bersama untuk mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar.
a)
Kelebihan
metode kasus
·
Siswa
dapat mengetahuai dengan pengamatan yang sempurna tentang gambaran yang nyata
yang betul-betul terjadi dalam hidupnya sehingga mereka dapat mempelajari dengan
penuh perhatian dan lebih terperinci persoalannya
·
Dengan
mengamati, memikirkan, dan bertindak dalam mengatasi situasi tertentu mereka
lebih meyakini apa yang diamati dan menemukan banyak cara untuk pengamatan dan
pencarian jalan keluar itu
·
Siswa
mendapat pengetahuan dasar atau sebab-sebab yang melandasi kasus tersebut
·
Membantu
siswa dalam mengembangkan intelektual dan ketrampilan berkomunikasi secara
lisan maupun tulisan
b)
Kelemahan
metode kasus
·
Guru
memerlukan banyak waktu untuk mempersiapkan bahan kasus yang ditemui dan
petunjuk cara pemecahannya yang diperlukan siswa
·
Banyak
waktu yang digunakan untuk diskusi
·
Untuk
kegiatan kelompok membutuhkan fasilitas fisik yang lebih banyak
15. Metode
Inquiry
Metode inquiry adalah teknik pengajaran guru didepan kelas dimana
guru membagi tugas meneliti suatu masalah ke kelas. Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok dan masing-masing kelompok mendapat tugas tertentu yang harus
dikerjakan. Kemudian mereka mempelajari, meneliti, dan membahas tugasnya
didalam kelompok kemudian dibuat laporan yang tersusun baik dan kemudian
didiskusikan secara luas atau melalui pleno sehingga diperoleh kesimpulan
terakhir.
a)
Kelebihan
metode inquiry
·
Mendorong
siswa untuk berfikir dan atas inisiatifnya sendiri, bersifat obyektif, jujur,
dan terbuka
·
Situasi
proses belajar menjadi lebih merangsang
·
Dapat
membentuk dan mengembangkan sel consept pada diri siswa
·
Membantu
dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi belajar yang baru
·
Mendorong
siswa untuk berffikir intuitif dan merumuskan hipotesanya sendiri
b)
Kelemahan
metode inquiry
·
Siswa
perlu memerlukan waktu menggunakan daya otaknya untuk berfikir memperoleh
pengertian tentang konsep
16. Metode
Microteaching
Metode microteaching merupakan suatu latihan mengajar permulaan
bagi guru atau calon guru dengan scope latihan dan audience yang lebih kecil
dan dapat dilaksanakan dilingkungan teman-teman setingkat sendiri atau
sekelompok siswa dibawah bimbingan dosen pembimbing atau guru pamong.
a)
Kelebihan
metode microteaching
·
Microteaching
merupakan pengalaman laboratoris
·
Microteaching
dapat membantu dan menunjang pelaksanaan praktek keguruan
·
Microteaching
dapat mengurangi kesulitan pengajaran di kelas
·
Microteaching
memungkinkan ditingkatkannya pengawasan yang ketat dan evaluasi yang mantap,
teliti, dan obyektif
·
Dengan
adanya feed back dalam microteaching yang beruupa knowledge of resulte dapat
diberikan langsung secara mendalam
·
Diharapkan
mahasiswa mempunyai bekal yang lebih kuat, luas, dan mendalam
b)
Kelemahan
metode microteaching
·
Dapat
menimbulkan efek departementalisasi atau ketrampilan mengajar dan bila tidak
diteruskan dengan praktek mengajar secara menyeluruh
·
Pengertian
microteaching disalah tafsirkan dapat hanya menitik beratkan pada ketrampilan
guru sebagai pengantar saja, bukan guru dalam arti luas
·
Microteaching
yang ideal memerlukan biaya yang banyak, peralatan mahal, dan tenaga ahli dalam
bidang teknis maupun dalam bidang pendidikan pengajaran pada umumnya dan
metodologi pengajaran pada khususnya
·
Menuntut
perencanaan, pengetahuan, dan pelaksanaan yang cermat, mendetail, logis, dan
sistematis
17. Metode
Problem Solving
Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir
dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh
siswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencoba
mengeluarkan pendapatnya.
a)
Kelebihan
metode problem solving
·
Masing-masing
siswa diberi kesempatan yang sama dalam mengeluarkan pendapatnya sehingga para
siswa merasa lebih dihargai dan yang nantinya akan menumbuhkan rasa percaya diri
·
Para
siswa akan diajak untuk lebih menghargai orang lain
·
Untuk
membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan lisannya
b)
Kelemahan
metode problem solving
·
Karena
tidak melihat kualitas pendapat yang disampaikan terkadang penguasaan materi
sering diabaikan
·
Metode
ini sering kali menyulitkan mereka yang sungkan mengutarakan pendapat secara
lisan
18. Metode
Karya Wisata
Metode karya wisata merupakan metode mengajar yang dilaksanakan
dengan mengajak siswa kesuatu tempat atau obyek tertentu diluar sekolah untuk
mempelajari atau menyelidiki sesuatu.
a)
Kelebihan
metode karya wisata
·
Siswa
dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para petugas
obyek karya wisata itu serta mengalami dan menghayati langsung
·
Siswa
dapat melihat kegiatan para petugas secara individu atau kelompok dan
menghayatinya secara langsung
·
Siswa
dapat bertanya jawab menemukan sumber informasi yang pertama untuk memecahkan
segala macam persoalan yang dihadapi
·
Siswa
memperoleh bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman yang terintegrasi
b)
Kelemahan
metode karya wisata
·
Karena
dilakukan diluar sekolah dan jarak yang cukup jauh maka memerlukan transport
yang mahal dan biaya yang mahal
·
Menggunakan
waktu yang lebih panjang dari pada jam sekolah
·
Biaya
yang tinggi kadang-kadang tidak terjangkau oleh siswa maka perlu bantuan dari
sekolah
19. Metode
Latihan /Drill
Metode latihan merupakan metode mengajar dimana siswa melaksanakan
kegiatan latihan agar siswa memiliki ketegasan atau ketrampilan yang lebih
tinggi dari apa yang telah dipelajari.
a)
Kelebihan
metode pelatihan
·
Ketegasan
dan ketrampilan siswa meningkat atau lebih tinggi dari apa yang telah
dipelajari
·
Seorang
siswa benar-benar memehami apa yang disampaikan
b)
Kelemahan
metode pelatihan
·
Dalam
latihan sering terjadi cara-cara atau gerak yang tidak berubah sehingga
menghambat bakat dan inisiatif siswa
·
Sifat
atau cara latihan kaku atau tidak fleksibel maka akan mengakibatkan penguasaan
ketrampilan melalui inisiatif individu tidak akan dicapai
20. Metode
Dialog
Metode dialog merupakan salah satu teknik metode pengajaran untuk
memberi motivasi pada siswa agar aktif pemikirannya untuk bertanya selama
pendengaran guru yang menyungguhkan pertanyaan-pertanyaan itu dan siswa
menjawab
a)
Kelebihan
metode dialog
·
Tanya
jawab dapat membantu tumbuhnya perhatian siswa pada pelajaran serta
mengembangkan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman,
sehingga pengetahuannya menjadi fungsional
·
Siswa
akan terbuka jalan pikirannya sehingga mencapai perumusan yang baik dan tepat
b)
Kelemahan
metode dialog
·
Apabila
motivasi kurang diberikan maka yang akan aktif hanya mereka yang pandai
menggutarakan pendapat secara lisan
·
Sering
kali melupakan tujuan yang ingin dicapai karena waktu yang disediakan habis
untuk berdebat mempertahankan pendapat
21. Metode
Mengajar Non Directive
Metode mengajar non direktive merupakan salah satu metode mengajar
dimana siswa melakukan observasi mereka sendiri mampu melakukan analisis mereka
sendiri dan mampu berfikir sendiri.
a)
Kelebihan
metode non direktive
·
Guru
memberi permasalahan yang merangsang proses berfikir siswa sehingga obyek
belajar berkembang sesuai yang diharapkan
·
Siswa
menemukan sendiri pengetahuan yang digalinya aktif berfikir dan menguasahi
pengertian yang baik
b)
Kelemahan
metode non direktive
·
Terjadi
perbedaan pemahaman karena tingkat intelektual dan cara berfikir siswa berbeda
·
Seorang
guru setiap saat harus mengoreksi cara berfikir siswa agar tidak keliru dalam
memahami suatu hal
22. Metode
Tanya Jawab
Metode tanya jawab merupakan cara lisan menyajikan bahan untuk
mencapai tujuan pengajaran.
a)
Kelebihan
metode tanya jawab
·
Guru
dapat mengetahui penguasaan pelajar terhadap bahan yang telah disajikan
·
Dapat
digunakan untuk menyelidiki pembicaraan-pembicaaraan untuk menyemangatkan
pelajar
b)
Kelemahan
metode tanya jawab
·
Guru
hanya memberikan giliran pada pelajar tertentu saja
·
Hanya
dikuasai oleh siswa yang pandai
23. Metode
Katekesmus
Metode katekesmus merupakan suatu cara menyajikan bahan pelajaran
dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah ditentukan.
a)
Kelebihan
metode katekesmus
·
Keseragamaan
dan kemurnian pengetahuan akan terjamin
·
Memudahkan
cara mengajar guru karena pelajaran telah tertulis dalam buku
b)
Kelemahan
metode katekesmus
·
Daya
jiwa yang dikembangkan hanya ingatan atas jawaban tertentu saja
·
Kurang
memberi rangsangan pada siswa karena bahan sudah tersedia baik pada guru maupun
siswa
·
Inisiatif
para siswa terkekang
24. Metode
Prileksi
Metode prileksi merupakan suatu cara menyajikan pelajaran dengan
menggunakan bahasa lisan, menyuruh para pelajar mendiskusikan, menganalisa,
membanding-bandingkan dan akhirnya menarik kesimpulan dari apa yang disajikan
untuk mencapai tujuan pengajaran.
a)
Kelebihan
metode prileksi
·
Pelajar
dan guru sama-sama aktif
·
Menimbulkan
kompetisi yang sehat antar siswa
b)
Kelemahan
metode prileksi
·
Banyak
waktu yang digunakan
·
Kecekatan
dan pengetahuan banyak dituntut dari guru dan siswa
25. Metode
Proyek
Metode proyek adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran yaitu
pelajar dihadapkan kepada hal tertentu untuk mempelajari dalam rangka
mewujudkan tujuan belajar.
a)
Kelebihan
metode proyek
·
Pelajar
menjadi aktif
·
Terbentuk
pribadi yang bulat dan harmonis
b)
Kekurangan
metode proyek
·
Menghabiskan
banyak waktu
·
Harus
ada persiapan yang mantap
26. Metode
Penyajian Sistem Regu (Team Work)
Metode penyajian sistem regu merupakan metode penyajian dengan
seorang guru yang dibantu tenaga teknis atau team guru dalam menjelaskan suatu
persoalan atau obyek belajar. Sistem beregu ditangani lebih dari dua orang
guru.
a)
Kelebihan
metode penyajian sistem regu
·
Interaksi
belajar mengajar akan lebih lancar
·
Siswa
memperoleh pengetahuan yang luas dan mendalam karena diberikan oleh beberapa
guru
·
Guru
lebih ringan tugas mengajarnya sehingga cukup waktu untuk menyiapkan diri dalam
membuat perencanaan
b)
Kelemahan
metode penyajian sistem regu
·
Bila
seorang guru yang tidak mendapatkan giliran mengajar tidak memanfaatkan waktu
untuk belajar lebih lanjut atau membuat perencanaan lebih matang
27. Metode
Mengajar Berprogama
Metode mengajar berprogama adalah cara menyajikan bahan pelajaran
dengan menggunakan alat tertentu untuk mencapai tujuan pengajaran.
a)
Kelebihan
metode berprogama
·
Pelajar
menjadi aktif karena ikut memperagakan alat tersebut
·
Pelajar
akan cepat mengetahui hasil dan kelemahannya
b)
Kelemahan
metode berprogama
·
Suka
menyusun programa dari setiap mata pelajaran
·
Memproduksi
alat-alat pengajar membutuhkan biaya dan tenaga yang mahal dan banyak
·
Teaching
machine itu tidak dapat merasakan apa yang dirasakan pelajar
28. Metode
Musyawarah
Metode musyawarah adalah cara menyajikan bahan pelajaran melalui
perundingan untuk mencapai musyawarah bersama.
a)
Kelebihan
metode musyawarah
·
Memperluas
dan memperdalam pengetahuan pelajar tentang pokok yang telah dimusyawarahkan
·
Memupuk
dan membina kerjasama serta toleransi
·
Dapat
terintegrasi mata pelajaran-mata pelajaran
·
Mudah
dilaksanakan
·
Baik
diigunakan untuk saling bertukar pikiran
b)
Kelemahan
metode musyawarah
·
Memakan
waktu yang banyak
·
Sukar
dilaksanakan untuk pelajar yang masih duduk dikelas rendah sekolah dasar,
karena mereka belum mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang banyak
·
Hasil
musyawarah belum tentu benar
29. Metode
Mind Mapping
Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal
siswa. Sintaknya adalah: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka,
siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatiu jawababan,
presentasi hasil diskusi kelompok, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap
kelompok, evaluasi dan refleksi
a)
Kelebihan
metode mind mapping
·
Permasalahan
yang disajikan terbuka
·
Siswa
berkelompok untuk menanggapi
·
Dapat
malatih siswa ntuk saling bekerja sama dalam diskusi
·
Sangat
cocok untuk menglang kembali pengetahuan awal siswa
b)
Kelemahan
metode mind mapping
·
Banyak
membutuhkan waktu
·
Sulit
untuk mengalokasikan waktu
·
Tuntutan
bagi siswa terlalu membebani
30. Metode
Quantum
Memandang pelaksanaan pembelajaran seperti permainan musik
orkestra-simfoni. Guru harus menciptakan suasana kondusif, kohesif, dinamis,
interaktif, partisipatif, dan saling menghargai. Prinsip quantum adalah semua
berbicara-bermakna, semua mempunyai tujuan, konsep harus dialami, tiap usaha
siswa diberi reward. Strategi quantum adalah tumbuhkan minat dengan AMBak,
alami-dengan dunia realitas siswa, namai-buat generalisasi sampai konsep,
demonstrasikan melalui presentasi-komunikasi, ulangi dengan Tanya
jawab-latihan-rangkuman, dan rayakan dengan reward dengan senyum-tawa-ramah-sejuk-nilai-harapan.
a)
Kelebihan
metode Quantum
·
Suasana
yang diciptakan kondusif, kohesif, dinamis, interaktif, partisipatif, dan
saling menghargai
·
Setiap
pedapat siswa sangat dihargai
·
Proses
belajarnya berjalan sangat komunikatif
b)
Kelemahan
metode Quantum
·
Tidak
semua guru dapat menciptakan suasana kondusif, kohesif, dinamis, interaktif,
partisipatif, dan saling menghargai
·
Berlebihan
member reward pada siswa
31. Metode
TGT (Teams Games Tournament)
Penerapan model ini dengan cara mengelompokkan siswa heterogen,
tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap
kelompok bekerja sama dalam bentuk kerja individual dan diskusi. Usahakan
dinamikia kelompok kohesif dan kompak serta tumbuh rasa kompetisi antar
kelompok, suasana diskuisi nyaman dan menyenangkan sepeti dalam kondisi
permainan (games) yaitu dengan cara guru bersikap terbuka, ramah , lembut,
santun, dan ada sajian bodoran. Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil
kelompok sehingga terjadi diskusi kelas.
a)
Kelebihan
metode TGT (Teams Games Tournament)
·
Melatih
siswa untuk bekerjasama dalam kelompok diskusi
·
Suasana
belajar nyaman, menyenagkan dan kondusif
·
Tercipta
suasana kompetisi antara kelompok diskusikecil
b)
Kelemahan
metode TGT (Teams Games Tournament)
·
Tidak
efisien waktu
·
Hanya
dilaksanakan pada luang waktu selasai UAS
·
Belajarnya
kurang efektif karena hanya bersifat games
32. Metode
Reciprocal Learning
Weinstein & Meyer (1998) mengemukakan bahwa dalam pembelajaran
harus memperhatikan empat hal, yaitu bagaimana siswa belajar, mengingat,
berpikir, dan memotivasi diri. Sedangkan Resnik (1999) mwengemukan bahwa
belajar efektif dengan cara membaca bermakna, merangkum, bertanya,
representasi, hipotesis.Untuk mewujudkan belajar efektif, Donna Meyer (1999)
mengemukakan cara pembelajaran resiprokal, yaitu: informasi, pengarahan,
berkelompok mengerjakan LKSD-modul, membaca- merangkum.
a)
Kelebihan
metode reciprocal learning
·
Mengedepankan
bagaimana belajar yang efektif
·
Menekankan
pada siswa bagaimana siswa itu belajar, mengingat, berpikir, dan memotivasi
diri
b)
Kekurangan
metode reciprocal learning
·
Komunikasi
kurang terjalin
·
Terlalu
berpusat pada siswa
33. Metode
Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan
masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan
argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
a)
Kelebihan
metode Diskusi
·
Terjadi
interaksi yang tinggi antara komunikator dan komunikan
·
Dapat
membantu siswa untuk berfikir lebih kritis
·
Memotivasi
atau memberi stimulasi kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan
pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-pikiranny
b)
Kekurangan
metode Diskusi
·
Alokasi
waktu yang sulit karena banyak memakan waktu
·
Tidak
semua argument bias dilayani atau di ajukan untuk dijawab
34. Metode
Penugasan
Suatu cara mengajar dengan cara memberikan sejumlah tugas yang
diberikan guru kepada murid dan adanya pertanggungjawaban terhadap hasilnya.
a)
Kelebihan
metode penugasan
·
Melatih
siswa untuk menjadi tangungjawab
·
Melatih
siswa untuk bias belajar mandiri
b)
Kekurangan
metode penugasan
·
Kadang
siswa kurang memahami tugas yang diberikan guru
·
Membutuhkan
waktu relative lama
35. Metode
Praktek
Metode mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik
menggunakan alat atau benda dengan harapan anak didik mendapatkan kejelasan dan
kemudahan dalam mempraktekan materi yang dimaksud.
a)
Kelebihan
metode Praktek
·
Siswa
lebih mudah mengerti dan memahami
·
Siswa
bisa langsung mempraktekan setelah mensdapatkan teori
b)
Kekurangan
metode Praktek
·
Ketidakkesediaan
alat peraga atou prasana yang mendukung
·
Biasanya
membutuhkan biaya lab. Yang mahal
36. Metode
Koperatif (CL, Cooperative Learning).
Model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan
cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksu konsep, menyelesaikan
persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif
(kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, siswa
heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan
meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.
a)
Kelebihan
metode Koperatif (CL, Cooperative Learning)
·
Mendorong
siswa untuk berfikir dan atas inisiatifnya sendiri, bersifat obyektif, jujur,
dan terbuka
·
Situasi
proses belajar menjadi lebih merangsang
·
Dapat
membentuk dan mengembangkan sel consept pada diri siswa
·
Membantu
dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi belajar yang baru
b)
Kekurangan
metode Koperatif (CL, Cooperative Learning)
·
Siswa
perlu memerlukan waktu menggunakan daya otaknya untuk berfikir memperoleh
pengertian tentang konsep
37. Metode
Berbasis Masalah (PBL, Problem Based Learning)
Kehidupan adalah identik dengan menghadapi masalah. Model
pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan
masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa,
untuk merangsang kemamuan berpikir tingkat tinggi. Kondisi yang tetap harus
dipelihara adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana
nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat berpikir optimal.Indikator model
pembelajaran ini adalah metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi,
induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis,
generalisasi, dan inkuiri
a)
Kelebihan
metode Berbasis masalah (PBL, Problem Based Learning)
·
Melatih
siswa untuk berlatih menyelesaikan masalh dalam kehidupan sehari- hari
·
Merangsang
kemamuan berpikir tingkat tinggi siswa
·
Suasana
kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar
siswa dapat berpikir optimal
b)
Kekurangan
metode Berbasis masalah (PBL, Problem Based Learning)
·
Sulitnya
membentuk watak siswa dan pembiasaan tingkah laku
38. Metode
SAVI
Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa
belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Istilah
SAVI sendiri adalah kependekan dari: Somatic yang bermakna gerakan tubuh
(hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan;
Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melaluui mendengarkan,
menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan penndepat, dan
menanggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata
melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media
dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah
menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi
pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki,
mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan
menerapkan.
39. Metode
Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi
melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat
secara individual atau kelompok. Pemberian tugas untuk setiap siswa atau
kelompok dapat sama dan dapat pula berbeda.Agar pemberian tugas dapat menunjang
keberhasilan proses pembelajaran, maka
·
Tugas
harus bisa dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa
·
Hasil
dari kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan presentasi oleh siswa dari satu
kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yang lain atau oleh guru yang
bersangkutan, serta
·
Di
akhir kegiatan ada kesimpulan yang didapat.
40. Metode
Problem Terbuka (OE, Open Ended)
Pembelajaran dengan problem (masalah) terbuka artinya pembelajaran
yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan
solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency). Pembelajaran ini melatih
dan menumbuhkan orisinilitas ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis,
komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisasi. Siswa dituntuk
unrtuk berimprovisasi mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang
bervariasi dalam memperoleh jawaban, jawaban siswa beragam. Selanjutynya siswa
juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut. Denga demikian
model pembelajaran ini lebih mementingkan proses daripada produk yang akan
membentiuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir.
a)
Kelebihan
metode Problem Terbuka (OE, Open Ended)
·
melatih
dan menumbuhkan orisinilitas ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis,
komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisas
·
Siswa
dituntuk unrtuk berimprovisasi mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang
bervariasi dalam memperoleh jawaban, jawaban siswa beragam
b)
Kekurangan
metode Problem Terbuka (OE, Open Ended)
·
Terlalu
mementingkan proses daripada produk yang akan membentiuk pola pikir,
keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir.
41. Metode
Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di
mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan
sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan
untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses,
mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri
tentang obyek yang dipelajarinya. Di dalam TIK, percobaan banyak dilakukan pada
pendekatan pembelajaran analisis sistem terhadap produk teknik atau
bahan.Percobaan dapat dilakukan melalui kegiatan individual atau kelompok. Hal
ini tergantung dari tujuan dan makna percobaan atau jumlah alat yang tersedia.
Percobaan ini dapat dilakukan dengan demonstrasi, bila alat yang tersedia hanya
satu atau dua perangkat saja.
42. Metode
Tutorial/Bimbingan
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang
dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada
siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa. Disamping metoda yang
lain, dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar, metoda ini banyak sekali
digunakan, khususnya pada saat siswa sudah terlibat dalam kerja kelompok.
Peran guru sebagi fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing
sangat dibutuhkan oleh siswa untuk mendampingi mereka membahas dan
menyelesaikan tugas-tugasnya
Penyelenggaraan metoda tutorial dapat dilakukan seperti contoh
berikut ini:
·
Misalkan
sebuah kelas dalam bahan ajar Pengerjaan Kayu 2, jam pelajaran pertama
digunakan dalam bentuk kegiatan klasikal untuk menjelaskan secara umum tentang
teori dan prinsip.
·
Kemudian
para siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk membahas pokok bahasan yang
berbeda, selanjutnya dilakukan rotasi antar kelompok.
·
Sementara
para siswa mempelajari maupun mengerjakan tugas-tugas, guru berkeliling
diantara para siswa, mendengar, menjelaskan teori, dan membimbing mereka untuk
memecahkan problemanya.
·
Dengan
bantuan guru, para siswa memperoleh kebiasaan tentang bagaimana mencari
informasi yang diperlukan, belajar sendiri dan berfikir sendiri.
43. Dua
Tinggal Dua Tamu
Teknik belajar dua tinggal dua tamu dan bisa digunakan bersama
dengan teknik kepala nomor. Struktur dua tinggal dua tamu memberi kesempatan
kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain.
Langkah-langkahnya :
·
Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok berempat
·
Siswa
bekerja sama dalam kelompok tersebut
·
Setelah
selesai, dua orang dari masing-masing kelompok bertamu ke dua kelompok lain
·
Dua
orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi
mereka ke tamu
·
Tamu
kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok
lain
·
Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka
44. Metode
Karyawisata (Field-Trip)
Karyawisata dalam arti metode mengajar mempunyai arti tersendiri,
berbeda dengan karyawisata dalam arti umum. Karyawisata di sini berarti
kunjungan ke luar kelas dalam rangka belajar. Contoh: Mengajak siswa ke gedung
pengadilan untuk mengetahui system peradilan dan proses pengadilan, selama satu
jam pelajaran. Jadi, karyawisatadi atas tidak mengambil tempat yang jauh dari
sekolah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Karyawisata dalam waktu yang lama
dan tempat yang jauh disebut study tour.
Langkah- langkah Pokok dalam Pelaksanaan Metode Karyawisata
1)
Perencanaan
Karyawisata
·
Merumuskan
tujuan karyawisata.
·
Menetapkan
objek kayawisata sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
·
Menetapkan
lamanya karyawisata.
·
Menyusun
rencana belajar bagi siswa selama karyawisata.
·
Merencanakan
perlengkapan belajar yang harus disediakan.
2)
Pelaksanaan
Karyawisata
Fase ini adalah pelaksanaan kegiatan belajar di tempat karyawisata
dengan bimbingan guru. Kegiatan belajar ini harus diarahkan kepada tujuan yang
telah ditetapkan pada fase perencanaan di atas.
3)
Tindak
Lanjut
Pada akhir karyawisata siswa diminta laporannya baik lisan maupun
tertulis, mengenai inti
45. Metode
Curah Pendapat
Metode curah pendapat adalah suatu bentuk diskusi dalam rangka
menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman, dari semua
peserta. Berbeda dengan diskusi, dimana gagasan dari seseorang dapat ditanggapi
(didukung, dilengkapi, dikurangi, atau tidak disepakati) oleh peserta lain,
pada penggunaan metode curah pendapat pendapat orang lain tidak untuk
ditanggapi. Tujuan curah pendapat adalah untuk membuat kompilasi (kumpulan)
pendapat, informasi, pengalaman semua peserta yang sama atau berbeda. Hasilnya
kemudian dijadikan peta informasi, peta pengalaman, atau peta gagasan (mindmap)
untuk menjadi pembelajaran bersama.
46. Metode
E-Learning
Metode Pembelajaran Berbasis E-learning adalah Kegiatan
pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, & WAN) sebagai
media penyampaian, interaksi, dan fasilitas.
a)
Kelebihan
Metode Pembelajaran Berbasis E-learning
·
Proses
pembelajaran tidak terbatas pada waktu dan tempat
·
Penyampaian
materi dapat dilakukan secara lebih jelas dan setiap waktu
·
Pengerjaan
tugas yang lebih singkat dan cenderung berkembang
·
Acuan
materi yang tak terbatas
b)
Kelemahan
Metode Pembelajaran Berbasis E-learning
·
Interaksi
dalam pembelajaran sangat minim
·
Sosialisasi
antar siswa terbatas.(hanya lewat tulisan, audio dan video / tidak bertemu
langsung)
47. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan
pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya
langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi,
kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan
keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada
peserta didik.
48. Metode Resitasi
Metode Pembelajaran Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan
siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
a)
Kelebihan
Metode Resitasi adalah
:
·
Pengetahuan yang
diperoleh peserta didik dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih
lama.
·
Peserta didik
memiliki peluang untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab
dan mandiri.
b)
Kelemahan
Metode Resitasi adalah
:
·
Kadang kala
peserta didik melakukan penipuan yakni peserta didik hanya meniru hasil
pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
·
Kadang kala tugas
dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
·
Sukar memberikan
tugas yang memenuhi perbedaan individual.
0 komentar:
Posting Komentar