SYAHRIAL, S.Pd |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 5 Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 9
Alokasi waktu : 2 x 45menit
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Intermediate.
Kompetensi Dasar : 3.3 Menyajikan laporan
Indikator
:
1.
Outline laporan
prakerin ditulis didalam powerpoint slide atau transparansi dengan menggunakan
kalimat yang singkat dan padat.
2.
Laporan prakerin
disajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar.Ungkapan-ungkapan untuk membuat
reservasi yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyusun laporan sederhana secara tertulis.
2. Siswa dapat menyajikan laporan secara lisan.
II. Materi Ajar
• Presentation
skills:
- How to open a speech
- How to propose ideas
- How to elaborate ideas
- How to close a speech
- How to handle questions
- How to use body language
- How to maintain audience’s attention
- How to use presentation aids.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-9
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memaparkan bagian-bagian sebuah
laporan sederhana dalam bahasa Inggris
2) Guru menerangkan berbagai kemampuan dasar
dalam melakukan presentasi laporan
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menyusun outline laporan secara berkelompok
2) Guru memberikan pengarahan dalam
penyusunan outline dan membantu menerjemahkannya dalam bahasa inggris.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menyampaikan/ melakukan
presentasi singkat secara lisan di depan kelas
2) Guru mengawasi jalannya presentasi,
memberikan komentar dan koreksi jika diperlukan.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V.
Alat dan Sumber Belajar
Alat:
1. Spidol
2. Papan tulis
3. penghapus
Sumber belajar:
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
VI.
Evaluasi
Presentasi lisan
Surakarta,
12 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 5 Batam Guru
Mapel. Bahasa Inggris
AGUS
SAHRIR, S.Pd SYAHRIAL,
S.Pd
NIP. 19690814 1999 031008 NIP.1962
0308 1987 031 017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK Negeri 5 Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 10, 11
Alokasi waktu : 4 x 45menit
Standar
kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level
Intermediate.
Kompetensi Dasar
: 3.4 Memahami surat – surat bisnis sederhana
Indikator :
·
Pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi
manual penggunaan alat dijawab dengan benar.
·
Petunjuk penggunaan peralatan diungkapkan
kembali dengan kata-kata sendiri secara tepat.
I. Tujuan Pembelajaran
·
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat dengan
benar.
·
Mengungkapkan kembali petunjuk penggunaan
peralatan dengan kata-kata sendiri secara tepat.
II. Materi Ajar
INSTRUCTIONS & NOTES:
1.
Place the converter near your TV.
2.
Plug the power supply (included) into an outlet and connect
it to the converter.
A RED light on the converter indicates that the power supply is working.
A RED light on the converter indicates that the power supply is working.
3.
Connect the converter to your HDTV with the 3' HDMI to HDMI
cable
4.
(included).Connect the 15' or 25' VGA with Audio cable
(included) between your PC and the converter.
NOTE: Two of the included cables are not required (VGA to VGA and 3.5mm audio to 3.5 mm audio).
NOTE: Two of the included cables are not required (VGA to VGA and 3.5mm audio to 3.5 mm audio).
5.
Make sure that the switch (RED arrow) is positioned LEFT
next to the VGA jack.
6.
After connecting the cables as shown in the diagram, follow
these steps:
· Select HDMI as
the input source on your TV. If you have multiple HDMI jacks select the input
source that you are connected to (HDMI1, HDMI2, etc.). Most HDTVs will only
allow you to select an input source that is detected. NOTE: Not all
HDMI jacks are created equal. Some HDTVs require that a PC be connected
to a specific HDMI jack.
· Activate the VGA
output on your PC. Unless you have a desktop computer, you will have to do this
each time you turn on your PC.
III. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
III.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-10
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi ‘memahami isi manual’ dalam kehidupan
sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh manual sesuai
dengan program keahlian
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan
tentang isi manual
b. Elaborasi
1) Siswa diberi waktu untuk membaca manual
berbahasa Inggris yang telah disediakan
2) Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
kata-kata yang belum dipahami
3) Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
manual
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
(informasi rinci) dari manual.
2) Siswa diperbolehkan mencari arti kata dari
kamus, mengingat banyak kata yang berkaitan dengan bidang teknik.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
B. Pertemuan ke-11
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi ‘memahami isi manual’ dalam kehidupan
sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh manual sesuai
dengan program keahlian
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan
tentang isi manual
b. Elaborasi
1) Siswa diberi waktu untuk membaca manual
berbahasa Inggris yang telah disediakan
2) Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
kata-kata yang belum dipahami
3) Siswa berlatih menyampaikan kembali sisi
manual (bekerja sama dengan teman
sebangku)
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menyampaikan kembali
isi manual secara lisan.
2) Guru memberikan komentar, penilaian dan
koreksi secara langsung.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
IV.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
V.
Penilaian
1. Tes lisan : Menceritakan kembali isi manual.
2. Tes tertulis : Menjawab pertanyaan berdasarkan manual
VI.
Evaluasi
(Terlampir)
Surakarta,
12 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 5 Batam Guru Mapel.
Bahasa Inggris
AGUS
SAHRIR, S.Pd SYAHRIAL,
S.Pd
NIP. 19690814 1999 031008 NIP.1962
0308 1987 031 017
0 komentar:
Posting Komentar