Teacher |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 5 Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 5, 6, 7, 8
Alokasi waktu : 8 x 45menit
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Intermediate.
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
Indikator
:
1.
Ungkapan-ungkapan untuk membuat reservasi yang dilakukan oleh penutur asli
ditanggapi dengan tepat
2.
Ungkapan-ungkapan untuk mengajukan keluhan yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat.
3.
Ungkapan-ungkapan untuk membuat kesepakatan (arrangement) digunakan dengan tepat.
4.
Ungkapan-ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan
dengan tepat. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keinginan
atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan,
masa kini atau masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) digunakan dengan tepat.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk membuat reservasi dengan tepat.
2. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk mengajukan keluhan dengan tepat.
3. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk membuat kesepakatan.
4. Siswa dapat menggunakan
ungkapan untuk memastikan
dan membatalkan kesepakatan dengan tepat.
5. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk menyatakan keinginan atau
situasi yang
tidak nyata baik untuk masa
depan, masa kini atau masa lampau dengan tepat.
II. Materi Ajar
Ø Percakapan di telepon tentang reservasi
Can I book two
rooms for Saturday night, please?
Ø Response to complaints
o
I am very sorry, Sir
Ø Expressions dealing with arrangementt
o
What about tonight?
o
I’m sorry. I have got
something to do tomorrow. What about Sunday?
Ø Expressions dealing with confirmation and cancellation:
o
I’d like to confirm my
flight to Singapore.
o
I regret to tell you
that I have to cancel our appointment.
Ø Expressions dealing with unreal condition.
o
If you came, you would
see him.
Ø Subjunctives with wish, if only, would rather.
Ø Answering typical questions asked in interviews
o
My name is....
o
I apply for this
position because ...
o
I’m interested in
working here because ...
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-5
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog reservasi
2) Guru mengajak siswa untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru menerangkan berbagai ekspresi
reservasi adan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi umum dari
bacaan
2) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi rinci dari
bacaan
c. Konfirmasi
1) Guru meminta siswa untuk membuat dialog
pendek yang berhubungan dengan reservasi secara berpasangan.
2) Guru meminta siswa untuk berdialog maju
kedepan untuk membacakan hasil dialog tersebut.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
B. Pertemuan ke-6
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog keluhan
2) Guru mengajak siswa untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru menerangkan berbagai ekspresi keluhan
adan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Guru memberikan contoh beberapa kalimat
keluhan dan memberikan penanganan untuk keluhan tersebut.
2) Siswa diminta untuk membuat kalimat
keluhan dan bagaimana cara menanganinya.
3) Guru bersama siswa membahas
kalimat-kalimat yang telah dibuat.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk membuat dialog pendek
yang berhubungan dengan keluhan secara berpasangan.
2) Siswa diminta membacakan hasil dialog
tersebut.
3) Guru memberikan komentar dan koreksi jika
diperlukan.
3. Kegiatan
akhir:
a. Guru
menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
C. Pertemuan ke-7
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog tentang
kesepakatan
2) Siswa diajak untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru memberikan penekanan vocabulary
tertentu yang berhubungan dengan membuat dan membatalkan kesepakatan.
5) Guru menerangkan berbagai ekspresi kesepakatan
dan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi umum dari
bacaan
2) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi rinci dari
bacaan
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk mengisi bagian kosong
dari suatu kalimat
2) Guru membahas isian dari kalimat-kalimat
kosong tersebut.
3) Guru bersama siswa untu menerjemahkan
kalimat-kalimat tersebut secara langsung.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
D. Pertemuan ke-8
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran Conditional Sentence dan
Subjunctive Wish
d. Orientasi:
-
Guru memberi contoh manfaat materi Conditional Sentence dan Subjunctive Wish dalam kehidupan
sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru mengulas kembali materi Conditional Sentence type 1&2 yang telah diberikan di kelas XI
2) Guru
memberikan contoh kalimat Conditional Sentence type 3
3) Siswa diminta untuk mengidentifikasi
struktur Conditional Sentence type 3 dan
membedakannya dengan tipe 2 atau 3.
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk berlatih menyusun
contoh kalimat Conditional Sentence type
3 sendiri
2) Kalimat siswa disampaikan/ ditulis di
papan tulis.
3) Guru memberikan koreksi jika ada kesalahan
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk mengisi bagian kosong
dari suatu kalimat
2) Siswa diminta untuk membedakan beberapa
kalimat apakah termasuk Conditional
Sentence tipe 1, 2 atau 3.
3) Guru mengevaluasi hasil kerja siswa.
3. Kegiatan
akhir:
a. Guru
menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V.
Alat dan Sumber Belajar
Alat:
1. Spidol
2. Papan tulis
3. penghapus
Sumber belajar:
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
VI.
Evaluasi
Soal
tes terlampir
Surakarta,
12 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 5 Batam Guru
Mapel. Bahasa Inggris
AGUS
SAHRIR, S.Pd SYAHRIAL,
S.Pd
NIP. 19690814 1999 031008 NIP.1962
0308 1987 031 017
SOAL EVALUASI
KOMPETENSI DASAR 2
A. Create a dialogue of making
and handling complaint based on the situation below !
You just
returned from a holiday in Solo. Unfortunately, the holiday was spoiled because
the hotel room was dirty, the hotel was very noisy and the food was atrocious.
You feel that the travel agent should refund you some of the money. Telephone
him and make your complaint tactfully.
B. Fill the following sentence
space of the dialogue with the sentences or phrases provided !
Receiptionist : …………………(1). Can I help you ?
Mr. Arga : Yes, could I have ……………(2) for the night ?
Receiptionist : Certaintly. Single room or a double ?
Mr. Arga : Single, ……………..
Recepcionist : Would you like a room with (4) ……………
or a bath ?
Mr. Arga : A shower. How much is the room ?
Receiptionist : (5) ………… for the room and breakfast.
Would you like an
evening meal ?
Mr. Arga : No, thanks. Just breakfast. Can I buy by (6) ……….. ?
Recetionist : Yes, of course. We take Visa and Master
Card as well as Dinner
Club. Could you
sign (7) ………… please ?
Mr. Arga : Yes, sure. Do you want my address,too ?
Receiptionist : No, just a signature. Do you have (8)
………… ?
Mr. Arga : just a bag
Receiptionist : (9) …………. Your room number is 311. I
hope you
(10) …………
Mr. Arga : Thanks.
Choices:
- a room
- please
- good morning
- Rp.225.000
e.
Here is your key
f.
Enjoy your stay
g.
A shower
h.
The register, please
i. Have
any luggage
j. Credit
card
C. Conditional Sentences Type I, II or III
Complete the Conditional Sentences with the correct form (Type I, II or
III).
1.
If I (be) __________________ stronger, I would help you
carry the piano.
2.
If we had seen you, we (stop) __________________.
3.
If we (meet) __________________him tomorrow, we will
say hello.
4.
He would have repaired the car himself if he (has)
_________________ the tools.
5.
If you drop the vase, it (breaks) __________________.
6.
If I had not studied, I (not/pass) __________________
the exam.
7.
I would not go to school by bus if I (have)
__________________a driving license.
8.
If she (not/see) __________________ him every day, she
would be lovesick.
9.
I (not/travel) _________________to London if I don't
get a cheap flight.
10. We
would be stupid if we (tell) ___________________him about our secret.
KUNCI JAWABAN EVALUASI KOMPETENSI DASAR 2
A. Skor maksimal 30
A : hello, good morning. Jasa
Mulia Travel Agent. Can I help you ?
B : Good morning, this is your
costumer who has just returned from a holiday in Solo
A : What’s seem to be the
matter?
B : Well, I am disappointed with
facilities given at your recommended hotel.
A : What make you be
disappointed with it?
B : the room was dirty, it is
very noisy, and the food was atrocious, can you give me refund for some money
of mine ?
A : We are really sorry, and we
would make a confirmation to our recommended hotel for taking a half of you
money. Then, we will call you later.
B : Thank you for the responses.
B. Skor maksimal 10
1.
good morning
2.
a room
3.
please
4.
a shower
5.
Rp. 225.000
6.
credit card
7.
the register, please
8.
any luggage
9.
here is the key
10. enjoy
your stay
C. Skor maksimal 20
1.
Were
2.
Would have stopped
3.
Meet
4.
Had had
5.
Will break
6.
Would not have passed
7.
Had
8.
Didn’t see
9.
Will not travel
10. Told
0 komentar:
Posting Komentar