RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK Negeri 5 Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 12, 13, 14
Alokasi waktu : 6 x 45menit
Standar
kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
Kompetensi Dasar
: 3.5 Memahami surat – surat bisnis sederhana
Indikator :
·
Pertanyaan
yang terkait dengan isi surat-surat bisnis dijawab dengan benar.
·
Isi
surat bisnis diceritakan kembali dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjawab pertanyaan
yang terkait dengan isi surat – surat bisnis dengan benar.
2. Siswa dapat menulis surat –
surat bisnis dengan benar.
3. Siswa dapat membuat surat
lamaran berdasarkan iklan lowongan pekerjaan.
4. Siswa dapat menceritakan
kembali isi surat bisnis dengan benar.
II. Materi Ajar
1.
Business documents :
letters, faxes, memos, advertisements, brochures, forms, questionnaires
2.
Antonym dan synonym.
3.
Relevant vocabulary
III. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-12
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d.
Orientasi: Guru memberi pengantar materi tentang brosur (Brochures)
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca sebuah brosur (Brochures)
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan
tentang isi (Brochures)
3) Siswa dan guru membahas sinonim dari
beberapa kata yang ada di teks
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
berdasarkan brosur (Brochures)
2) Guru mengajak siswa membahas jawaban dari
pertanyaan tersebut
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
(informasi rinci) dari surat brosur (Brochures)
2) Siswa diperbolehkan mencari arti kata dari
kamus, mengingat banyak kata/ istilah baru.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
B. Pertemuan ke-13
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d.
Orientasi: Guru memberi pengantar materi tentang iklan(Advertisement)
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh iklan(Advertisement)
2) Guru menjelaskan arti kalimat dalam iklan
tersebut
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk membaca sebuah iklan (Advertisement)
2) Siswa diberi kesempatan menanyakan
kata-kata yang belum diketahui artinya
3) Guru menanyakan informasi umum tentang
iklan tersebut.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan
berdasarkan iklan (Advertisementi).
2) Siswa diperbolehkan mencari arti kata dari
kamus.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
C. Pertemuan ke-14
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d.
Orientasi: Guru memberi pengantar materi formulir reservasi hotel
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh formulir reservasi
hotel
2) Guru bertanya tentang cara pengisian
formulir reservasi hotel
b. Elaborasi
1) Guru memberikan beberapa pertanyaan
berdasarkan formulir reservasi hotel
2) Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
formulir reservasi hotel
3) Guru mengajak siswa membahas pekerjaan
siswa.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk melengkapi formulir formulir reservasi hotel
2) Siswa melengkapi formulir formulir reservasi hotel
3) Guru mengajak siswa membahas pekerjaan
siswa.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
VI.
Penilaian
Tes tertulis : Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
:
Mengisi formulir Hotel reservation
VII.
Evaluasi
(Terlampir)
Surakarta,
12 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 5 Batam Guru Mapel.
Bahasa Inggris
AGUS
SAHRIR, S.Pd SYAHRIAL,
S.Pd
NIP. 19690814 1999 031008 NIP.1962
0308 1987 031 017
SOAL EVALUASI KOMPETPENSI DASAR 3.5
A. Read the reservation letter from a
company’s secretary to a hotel manager. Then answer the questions.
1.
Who is Melina?
2.
What is the address of Melina’s work place?
3.
What kind of letter does Melina write?
4.
What is it about?
5. Who is the letter sent
to?
B. Complete the
following reservation form with your data/information. Do not leave any blank
spaces. Let’s say you are a manager of an export company and about to
have an annual meeting with clients.
0 komentar:
Posting Komentar