SYAHRIAL, S.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 5 Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4
Alokasi waktu : 8 x 45menit
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Intermediate.
Kompetensi Dasar : 3.1 Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
Indikator :
1. Menemukan informasi umum yang terkait dengan
monolog yang tertulis.
2. Menemukan informasi rinci yang terkait dengan monolog yang tertulis.
3. Menuliskan kembali isi monolog dalam bentuk summary (rangkuman).
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan informasi umum yang terkait dengan monolog
yang tertulis.
2. Siswa dapat menemukan informasi rinci yang terkait dengan monolog
yang tertulis.
3. Siswa dapat menemukan antonim dan synonym dari teks.
4. Siswa dapat mengidentifikasi informasi dari monolog yang
diperdengarkan.
5. Siswa dapat menceritakan kembali isi monolog dalam bentuk summary
(rangkuman).
II. Materi Ajar
-
Teks monolog (reports,
announcements, advertisements, manual instruction, dsb).
-
Antonym dan synonym.
-
Relevant vocabulary
-
Affixes: prefixes,
suffixes.
III. Metode
Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Pertemuan ke-1
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran serupa dari kelas XI
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru meminta siswa membaca teks report secara
bergantian
2)
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan bacaan.
3) Guru
mengajak siswa untuk membahas bacaan dan menjawab pertanyaan.
4) Siswa
mengidentifikasi antonim dan synonym kata dalam bacaan.
b. Elaborasi
1)
Salah satu siswa menanyakan informasi rinci, sinonim
atau antonim dari teks
2)
Siswa yang lain diminta untuk menjawab pertanyaan
tersebut
3)
Siswa yang menjawab dipilih secara acak
c. Konfirmasi
1)
Guru memberikan daftar kata untuk dicari padanan atau
lawan katanya
2)
Siswa menyelesaikan tugas tersebut secara tertulis
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi
berikutnya
B. Pertemuan ke-2
1. Kegiatan
awal:
1) Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
2) Guru
memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran sebelumnya
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran pada pertemuan ini
4) Orientasi:
Guru memberi
contoh manfaat materi pembelajaran pada pertemuan ini dalam kehidupan
sehari-hari
5) Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada seluruh siswa
tentang advertisement.
2)
Siswa diminta untuk menyebutkan berbagai jenis advertisement
b. Elaborasi
1)
Siswa menulis pertanyaan yang tertulis di papan tulis
2)
Siswa diberi waktu untuk memahami pertanyaan tersebut
3)
Guru membacakan sebuah teks advertisement
4)
Siswa diminta untuk mendengarkan sambil menjawab
pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan guru.
5)
Siswa bersama guru membahas jawaban pertanyaan
tersebut.
c. Konfirmasi
1)
Siswa kembali menulis pertanyaan yang tertulis di papan
tulis
2)
Siswa diberi waktu untuk memahami pertanyaan tersebut
3)
Guru membacakan sebuah teks advertisement
4)
Siswa diminta untuk mendengarkan sambil menjawab
pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan guru.
5)
Jawaban siswa dievaluasi dalam kelas dan diberi skor
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi berikutnya
C. Pertemuan ke-3
1. Kegiatan
awal:
1) Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
2) Guru
memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran sebelumnya
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran pada pertemuan ini
4) Orientasi:
Guru memberi
contoh manfaat materi pembelajaran pada pertemuan ini dalam kehidupan
sehari-hari
5) Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada seluruh siswa
tentang manual.
2)
Siswa diminta untuk menyebutkan berbagai jenis manual yang ada kehidupan sehari-hari.
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk membaca teks manual instruction
2) Siswa diajak untuk membahas bacaan.
3) Guru
memberikan daftar kata untuk dicari padanan atau lawan katanya
4) Guru membahas antonim dan synonym kata
dalam bacaan.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menceritakan kembali manual instruction yang ada di teks
secara lisan.
2) Guru memberikan komentar dan koreksi bila
perlu
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V. Alat
dan Sumber Belajar
Alat:
1. Spidol
2. Papan tulis
3. penghapus
Sumber belajar:
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
VI. Evaluasi
Soal
tes terlampir
Surakarta,
12 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 5 Batam. Guru Mapel.
Bahasa Inggris
AGUS
SAHRIR, S.Pd SYAHRIAL,
S.Pd
NIP. 19690814 1999 031008 NIP.1962
0308 1987 031 017
SOAL EVALUASI KOMPETENSI DASAR 3.1
A.
Choose the correct answer to complete the questions number 1 to 5.
1. Taufiq :
Please...your face with a mask when using welding materials.
Ari
: Yes, thank you.
a.
protection c. protecting
b.
protect d.
protective
2. Siswanto : When did your mother arrive from
her trip?
Farida : My mother...from her
trip to jakarta yesterday evening.
a.
returned c. return
b.
returns d. be
retuned
3. Bayu
: Updating your skill is the only way to remain...in today’s job market,
according
to economist Chun Ho Suk.
Wahyu : Yes, Sir.
a.
competitor c.
competitive
b.
competition d. competed
4. Roma
: What do you think about the actor?
Fredi : Through their
performance was relatively unpolished, the actors held
the audience’s...for the
duration of the play.
a.
atentive c.
attention
b.
attentively d.
attentivess
5. Heru
: There was an accident on Anggrek street this afternoon.
Aat : Really? Were there
any victims?
Heru : Yes the...was hurt on
his body.
a.
motorcycles c. motorist
b. motorcycle d.
motored
B.
Complete the blanks spaces in the box with the words corresponding to their
function!
NO
|
Verb
|
Noun
|
Adjective
|
Adverb
|
1.
|
Attend
|
|
|
|
2.
|
|
|
Productive
|
|
3.
|
Develop
|
|
|
|
4.
|
|
Appearance
|
|
|
5.
|
Please
|
|
|
|
6.
|
|
Entertainment
|
|
|
7.
|
|
|
|
Usefully
|
8.
|
|
|
Attentive
|
|
9.
|
Communicate
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
Attractively
|
C.
Answer the question based on this following advertisement!
Well
established and leading international export and import company, located in
jakarta urgently seek highly motivated indonesian fix the following career opportunity
:
ACCOUNTANT (
CODE: ACC)
- Accounting
degree
- Fluent in
english
- Having at
least 18 month experience
- Familiar
with MS Words. MS Excel
Please send
your application letter with full details c.v. contact telp. Number, a recent
photograph within 2 weeks to : Human Resource Dept, PO BOX 4000, Jakarta
12345.
|
Question
!
1.
Where should be the application letter addressed?
2.
Mention some requirements must be had by the
applicant?
3.
Who needs highly motivated indonesian?
4.
How many
years experience should an applicant have?
5.
Should the apllicant send the letter by himself to
the office?
KUNCI JAWABAN EVALUASI KOMPETENSI DASAR 3.1
- Skor maksimal 5
1. B
2. A
3. B
4. C
5. C
- Skor maksimal 10
NO
|
Verb
|
Noun
|
Adjective
|
Adverb
|
1.
|
Attend
|
Attendance
|
|
|
2.
|
Produce
|
Product /
Production
|
Productive
|
Productively
|
3.
|
Develop
|
Development
|
Developing /
Developed
|
|
4.
|
Appear
|
Appearance
|
|
|
5.
|
Please
|
Pleasure
|
Pleasing,
Pleased, Pleasant
|
|
6.
|
Entertain
|
Entertainment
|
Entertaining
|
|
7.
|
Use
|
Usage
|
Useful
|
Usefully
|
8.
|
|
Attention
|
Attentive
|
Attentively
|
9.
|
Communicate
|
Communication
|
Communicative
|
Communicatively
|
10.
|
Attract
|
Attraction
|
Attractive
|
Attractively
|
- Skor maksimal 5
1.
Human Resource Dept, PO BOX 4000, Jakarta 12345.
2.
Accounting degree, Fluent in English, Having at least
18 months experience, Familiar with MS words, MS excel.
3.
Well established and leading international export and import company
4.
at least 18 months experience
5.
No, they shouldn’t. They should send the letter by post
office
0 komentar:
Posting Komentar