RPP BAHASA INGGRIS SMK KURIKULUM 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMKN 5 Batam
Kelas/semester :
X/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Keteladanan
tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
Pertemuan : 2
Waktu : 2x45
A. Kompetensi
Inti
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator
1. Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa
seseoranng (greeting) dalam dialog merespon jati diri.
2. Ungkapan-ungkapan yang
digunakan untuk dalam dialog merespon jati diri.
3. Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat dalam
dialog merespon jati diri.
4. Bentuk
modal present yang digunakan dalam dialog merespon jati diri.
5. Berbagai kosa-kata tentang family
tree, kinds of profession, names of day, month, and date.
D. Tujuan
1. Siswa dapat
menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
dialog pemaparan jati diri (greeting).
2. Siswa dapat
menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan
untuk memperkenalkan jati diri (introduction)
3. Siswa dapat menggunakan bentuk Simple Present dengan tepat untuk merespon
pemaparan jati diri.
4. Siswa dapat menggunakan bentuk modal present yang digunakan dalam merespon jati
diri
5. Siswa dapat
menggunakan bentuk personal pronouns yang digunakan dalam dialog merespon
pemaparan diri.
E. Materi
Ungkapan
1. Ungkapan sapaan:
A.
Sam : Hello, what is your name?
Jane : Hi! My name is jane, What’s yours?
Sam : Sam
Jane : it’s nice to meet you, sam.
Sam : Thanks.
B.
Riki : Good morning.Roni.
Roni : Good morning.
Riki : Roni, may i ntroduce you to Miss Adams.
Miss.
Adams : How do you do, Roni.
Roni : How do you do, Miss Adams.
Miss. Adam : Where do live ?
Roni : In
Ciamis. How are you Mss Adams?
Miss Adam : Im a secretary of compnay.
Are you student?
Roni : Yes, Im a student of university?
Miss Adam :
Do you have hanphone number?
Roni : No, I dont. And you?
Miss Adam : Yes, This is 081 334 457 876
Roni : Ok. Thanks, Mss Adam.
Miss Adam : Your welcome
Roni : See you.
Miss.
Adam : See you later.
X
Y
X
Y
X and Y
X and y
X
|
Greeting
Responding
greeting
Asking about
health
Responding
asking about health
Asking each other
about identity for example: (name, address, place and date of birthday (age),
hobby, favorite food and color, occupation/profession, handphone number.
Asking each
other about family (father and mother’s name, their profession, total sister
and brothers, dll
Responding
each other about identity and family
Saying
‘leave taking’/GOODBYE
|
F. Model/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: scientific
2. Strategi: observe – practice.
3. Metode: Inquiry/Experiencial learning.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke
kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English
Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·
Guru dapat
menggunakan kalimat “Good morning, students”.
·
Pastikan peserta
didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·
Jika peserta
didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·
Jika
memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan
guru.
·
Guru mengisis agenda mengajar dan mengabsen siswa.
·
Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang
sudah disampaikan sebelumnya.
·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran
|
10menit
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengamati
· Siswa melakukan pengamatan untuk menuliskan dialog jati
diri berupa menjawab dialog pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
penyampaian/penulisannya.
· Siswa secara
bergiliran menjawab hasil kerjanya.
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan memberi komentar atas
jawaban temannya.
· Siswa ditunjuk
untuk menjadi beberapa kata yang berhubungan dengan penggunaan Simple Present
dan Modal Present.(Misalnya: Rini jadi kata “I”, Dini jadi kata “am”, Desi
jadi kata “ a student”. dll)
· Guru
menampilkan beberapa kata dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah
dimiliki siswa.
b.
Menanya
·
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam dialog merespon
jati diri.
·
Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan
tentang penggunaan Simple Present tense, dan Modal present.
c.
Menalar
· Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
·
Tiap kelompok diberi lembar kerja bentuk format
yang berisi tentang jati diri untuk
menuliskan pertanyaan singkat(short answer) dan pertanyaan panjang(long
answer).
·
Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru
memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
·
Setiap kelompok menukarkan hasil diskusi kepada
kelompok lainnya untuk menilai.
· Guru
mengumpulkan hasil penilaian kelompok.
d.
Jejaring
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri
secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial,
ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
·
Siswa diberi tugas menuliskan pemaparkan jati diri dan mengirimkannya ke email guru.
· Siswa diberi
tugas merekam dialog dengan situasional.
|
70 menit
|
Penutup
|
· Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan
menyapa dalam dialog tentang jati diri.
· Siswa diminta membuat
kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai
sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah
diterangkan.
|
10 menit
|
H. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
a. Lembar
Kerja
b. Lembar
Penilaian
c. Laptop
dan Infocus
d. Slide
and Film
I. Sumber
Pembelajaran
a. Kamus
manual dan elektronik
b. Buku
Bahasa Inggris yang relevan
J. Penialain
Hasil Belajar
a. Penilaian
Sikap : Berupa penilaian diri dalam minat belajar
kelompok
b. Penilaian : Tes Tulisan
c. Penialain
Keterampilan : Penugasan Project
K. Instrumen
Penialain Hasil Belajar: Terlampir
1. Lampiran
1 : Lembar Kerja
2. Lampiran
2 : Lembar Penilaian
Mengetahui Ciamis,
Juli 2013
Kepala SMKN 5 Batam
AGUS SAHRIR. S.Pd SYAHRIAL.S.Pd
NIP. NIP.19620308 1987031017
Lampiran
1. Lembar
Kerja
A. Observe
the dialogue below and Fill in the table below:::
Dialogue 1
Ranti meets her teacher, Mr Bakri at
the post office.
Ranti :
Good afternoon, Sir.
Mr Bakri : Good afternoon. You are ....
Ranti :
Ranti, Sir. My name is Ranti. How are you?
Mr Bakri : I am fine, thank you. And how about you?
Ranti :
I am fine, too.
Mr Bakri :
Well, Ranti. I have to go now. Pleased to meet you.
Ranti : Pleased to meet you, too, Sir.
1.
Who are the speakers?
2.
About What time do they meet?
3.
Where do they meet?
4.
What is Mr. Bakri and Ranti?
5.
Complete the sentence:
Ranti ………….her
teacher. He …. Mr. Bakri .He ………..a teacher. He ........ English.
6.
Find out sentence containing simple
present.
7.
“I have to go…..”. Word “have to”
means …………… It is called …….
8.
Find out other modals.
Dialogue 2
Dewi : Hello, I’m Dewi. What’s your name?
Dani : Hello, Dewi. I’m Dani Perdana. Please call me Dani.
Dewi : Where do you live, Dani?
Dani : I live at Jl. Achmad Yani 27.
Dewi : Oh, do you?
Dani : Yes, I do.
Dewi : So, we are neighbours.
Dani : Are we?
Dewi : Yeah. I live at 8.
1.
Where Does Dani live?
2.
Does Dewi live at Jln. Ahmad Yani ?
3.
“I live at Jln Achmad Yani 27. You
can say: Dani ………at Jln Achmad Yani.
4.
Find out sentences containing simple present tense.
Dialogue 3
Cipto waiting for Andi and Yani, his
new colleague at the airport.
Andi : Excuse me. Are you Henri?
Cipto : Yes. I'm Cipto Susanto.
Andi : How do you do, Cipto? I'm Andi from University of
Jakarta.
Cipto : How do you do, Cipto. Nice to see you.
Andi : Nice to meet you, too. Did you have a good journey?
Cipto : Yes. It was fine, thanks.
Andi : Let me help you to bring your suitcase.
Cipto : That's very kind of you.
Andi :
Not at all. Let me introduce you to my friend Yani this is Cipto. Cipto
this is Yani.
Yani : Hello, Cipto. Nice to meet you.
Cipto : Pleased to meet you, too. How's the trip?
Yani : Well, It's nice and exciting.
Cipto : Great, then. You must be tired. I'll take you to the
Hotel first.
Andi : OK. Thanks, Cipto.
1.
Who is Cipto?
2.
Does Yani feel enjoy her trip?
3.
Write some “modal” in the dialogue
3?
Dialogue 4
Andi :
Good morning. My name is Andi.
Denias : Good morning Andi. I’m Denias.
Andi :
Denias, this is Adib. We were
classmates the Junior High School.
Denias : Hi, Adib. How do you do?
Adib :
How do you do.
Andi : By the way, did you join pencak silat extracurricular
activity in the Junior High School?
Denias : Yes, I did.
Andi :
Oh, that’s great. Adib and I have never joined it before.
Adib :
We hope you can help us.
Denias : Sure.
Andi :
Okay, see you this afternoon.
Adib :
See you Denias.
Denias : See you.
1.
What
are Andi and Denias?
2.
Did
denias Join Pencak Silat extracurricular in the Junioe High School?
3.
Find
out “present perfect tense?
4.
Find
out sentence containing “modal”?
5.
Write
a sentence by using modals.
B.
Fill
in the table::
Write
questions both yes/no-questions and wh-question based on information. Then
write a dialog.
Identity
|
Yes/no -question
|
Wh-question
|
Name
|
|
|
Place, date of
birth
|
|
|
Sex
|
|
|
address
|
|
|
hobby
|
|
|
Favorite ::food,
color, subjects , dll
|
|
|
profession
|
|
|
zodiac
|
|
|
Favorite singer,
food
|
|
|
Parents’names
|
|
|
Mother and father’s
profession
|
|
|
Total of their
children
|
|
|
Total sister and
brother
|
|
|
Sister or/and
brother’s marital status
|
|
|
Sister or/and brother’s profession
|
|
|
2. Penilaian
Bagian
A: (Jumlah Benar/2)X10= 100
Bagian
B: Penilaian Wiriting
No group
|
Content
(25)
|
Grammar
(25)
|
Spelling
(20)
|
Punctuation
(15)
|
Neatness
(15)
|
Score
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Penilaian
diri
Lembar
Penilaian Diri
Mata
Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas :
X
Materi
Ajar : Ungkapan Jati Diri(Menulis
Dialog)
Nama
Siswa :
Berikan
tanda ceklist (√)pada
kolom pilihan.
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
JR
|
SR
|
SL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Saya membaca materi pelajaran sebelum
pelaksanaan pembelajaran.
|
|
|
|
|
2.
|
Saya mendengarkan sungguh-sungguh
penjelasan guru pada saat mengajar.
|
|
|
|
|
3.
|
Saya menanyakan kepada guru tentang
materi pelajaran yang belum difahami
|
|
|
|
|
4.
|
Saya mendengarkan informasi yang
berkaitan dengan materi yang dipelajari.
|
|
|
|
|
5.
|
Saya senang bekerja sendiri dalam
menyelsesaikan masalah.
|
|
|
|
|
6.
|
Saya senang bekerja kelompok dalam
menyelesaikan masalah.
|
|
|
|
|
7.
|
Saya berpartisipasi pada kegiatan
kelompok.
|
|
|
|
|
8.
|
Saya memberikan kontribusi besar
terhadap keberhasilan kelompok.
|
|
|
|
|
9.
|
Saya yakin kelompok saya berhasil.
|
|
|
|
|
10.
|
Saya yakin kelompok saya berhasil
tanpa kontribusi saya.
|
|
|
|
|
11.
|
Saya merasa terganggu kalau bekerja
kelompok.
|
|
|
|
|
12.
|
Saya merasa cukup memperoleh informasi
dari guru saja untuk menyelesaikan masalah.
|
|
|
|
|
13.
|
Saya memperoleh manfaat dari kegiatan
kelompok.
|
|
|
|
|
14.
|
Saya memperoleh manfaat dari kegiatan
kelompok.
|
|
|
|
|
15.
|
Saya mengharapkan kerja kelompok pada
berbagai kegiatan.
|
|
|
|
|
Keterangan:
TP:
Tidak Pernah
JR:
Jarang
SR:
Sering
SL:
Selalu
0 komentar:
Posting Komentar